>Arti dan Definisi Blog

>


Definisi dan pertanyaan “Apa itu blog”

Arti Blog, Secara Bahasa
Blog, secara bahasa merupakan singkatan dari Weblog. Weblog sendiri merupakan singkatan dari “Logging The Web”. Asal-usul dari istilah “Logging The Web” adalah memasuki web dan menuliskan ‘kesimpulan link-link mana yang menarik‘ dan memberikan pendapat tentang link tersebut di jurnal online mereka. Lebih lengkap, silahkan baca sejarah asal usul blog.

Definisi Blog Versi Bloggingly

Blog adalah website dengan konten (konten bisa berupa teks, gambar, link, audio atau video) yang di-update secara berkala serta mewakili dan berdasarkan sudut pandang ‘karakter’ tertentu yang menjadikan kontennya khas (umumnya menggunakan sudut pandang personal). Standarnya, konten blog diurutkan secara kronologis terbalik (konten baru di depan, konten lama di belakang) dan dapat dikomentari.

Definisi blog mengenai berbagai sumber terkenal. Blog adalah…

    Wikipedia english version (User Generated Encyclopedia)
A blog (a contraction of the term weblog) is a type of website, usually maintained by an individual with   regular entries of commentary, descriptions of events, or other material such as graphics or video. Entries are commonly displayed in reverse-chronological order.

    Merriam-Webster Etymology: short for Weblog
a Web site that contains an online personal journal with reflections, comments, and often hyperlinks provided by the writer.

    Darren Rowse @ Problogger (Professional Blogger)
a blog is a type of website that is usually arranged in chronological order from the most recent ‘post’ (or entry) at the top of the main page to the older entries towards the bottom.

    WordPress.org On introduction to Blogging (Popular Blog Management System)
 “Blog” is an abbreviated version of “weblog,” which is a term used to describe web sites that maintain an ongoing chronicle of information. A blog is a frequently updated, personal website featuring diary-type commentary and links to articles on other Web sites. Blogs range from the personal to the political, and can focus on one narrow subject or a whole range of subjects.

    Blogger.com di panduan memulai versi bahasa (Popular Blog Service)
Dalam terminologi sederhana, sebuah blog adalah sebuah situs web, di mana Anda menuliskan hal-hal yang berbasis peristiwa yang sedang berlangsung. Hal yang baru tampil di paling atas, sehingga pengunjung Anda dapat membaca apa yang baru. Kemudian mereka dapat mengomentarinya atau menambahkan link atau mengemail Anda. Atau tidak.

    Pitra @ Media-Ide (Web Strategist)
blog adalah website yang isinya berupa tulisan-tulisan yang merupakan opini dari pemilik blog. Biasanya blog disajikan berurutan berdasarkan tanggal. Tulisan terbaru yang dibuat, dimunculkan di paling atas. Ciri lain dari blog adalah adanya komentar. Pembaca blog bisa memberikan tanggapan terhadap isi tulisan. Penulis blog bisa memberikan balasannya pula di bagian komentar itu.


Dari berbagai definisi diatas, kita bisa mengambil berbagai kata kunci mengenai “definisi blog”:

    * Singkatan dari weblog
    * website (sejenis website)
    * Personal journal/online diary
    * Dikelola secara individual
    * Diupdate secara berkala
    * Diurutkan secara kronologis terbalik, dimana tulisan terbaru muncul di awal dan tulisan lama di belakang
    * Dapat di komentari
    * Terdiri dari berbagai link
    * Merupakan Opini pemilik blog (blogger)

Ada satu hal yang perlu kita sadari bersama: berbagai definisi ini dibuat beberapa tahun lalu, yang mana kondisi blogosphere kala itu berbeda dengan kondisi blogosphere kita saat ini, (tahun 2009) sehingga ada beberapa aspek dari definisi tersebut yang terasa tidak relevan untuk kondisi sekarang. Mari kita runut beberapa aspek yang kita perlu kritisi:

Dikelola secara Individual/Personal Journal/Online Diary: di awal kemunculannya, blog memang sebuah kumpulan review akan link yang diterbitkan secara personal oleh pengelolanya. Namun dewasa ini, bukankah banyak apa yang kita sebut dengan corporate blog (ex: GoogleBlog)? atau blog niche yang dikelola oleh dua atau lebih blogger (ex: NavinoT)?

Salah satu kelebihan blog memang tampil menampilkan informasi dari perspektif personal, atau versi lebih manusiawi dari website. Namun dewasa ini blog sudah menjadi lebih dari online diary kan?

Terdiri dari kumpulan link dan berisi opini: Ini aspek dari blog di awal kemunculannya. Namun dewasa ini, banyak juga blog yang tidak berisi opini (namun berisi definisi, how to, share pengalaman, interview, podcast, dll) dan ada juga yang tidak menyertakan link.

Diurutkan secara kronologis terbalik: Meskipun tidak banyak, namun bagaimana dengan blog yang menggunakan tampilan magazine style? -Well, pada dasarnya mereka tetap ditampilkan secara kronologis sih. Hanya penampilannya saja yang berbeda.

Dapat di komentari: Meskipun ini tidak mainstream, perlu kita catat bersama bahwa beberapa blog memilih untuk tidak di komentari karena alasan tertentu.

Merupakan singkatan dari weblog? Sudah tidak perlu diragukan lagi, itu alasan historis. Merupakan website? Ya! Jika bukan berupa website, bagaimana mereka bisa diakses oleh browser? Update berkala? Meskipun banyak juga ‘blog mati’ yang tidak diupdate lagi, namun selama blog tersebut dapat diakses kita masih menyebutnya blog. Namun tidak bisa di pungkiri bahwa satu hal yang membuat blog menjadi blog adalah konten baru yang terus bertambah.

So, itu lah definisi blog menurut saya. Mohon Maaf Jika ada yang kurang berkenan menurut anda.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: