>5 Kesalahan yang Dapat Membuat Blog Mati Suri

>


seoforblogsDi awal-awal mengenal blog orang biasanya sangat antusias dan bersemangat, khususnya pada tahap-tahap pemilihan template dan tata letak widget dalam blog. Postingan-postingan awal pun dibuat semenarik mungkin dan terkadang memakan banyak waktu untuk mengeditnya sehingga tidak jarang yang mengabaikan urusan-urusan yang lain. Namun apa yang terjadi setelah itu banyak yang mengeluh karena setelah melakukan start yang baik, beberapa bulan atau setahun kemudian blog yang dikelola menjadi mati suri. Ini merupakan masalah umum yang hampir selalu berpangkal di seputar beberapa kesalahan umum yang dilakukan oleh para blogger. Blogger yang sukses akan menyadari bahwa untuk sukses dalam ngeblog diperlukan banyak dedikasi dan kerja keras. Anda harus melakukan upaya bagi sebuah blog untuk mempertahankannya, khususnya setelah bulan pertama menyelesaikan desain dan layout. Banyak orang yang bekerja keras da semangat pada saat awal-awal membuat blog misalnya pencarian template dan layout yang baik tetapi mereka kemudian menjadi malas setelah itu. Untuk menghindari hal ini terjadi pada blog anda, cermati lima kesalahan umum berikut yang bisa “mengubur” blog anda.
1. Kurang sering update
Salah satu kesalahan terbesar yang diperbuat oleh seorang blogger adalah “melupakan” tentang posting. Blog yang sukses adalah blog yang selalu diupdate denga postingan-postingan baru sekurang-kurangnya satu postingan dlam satu hari. Beberapa blog besar diupdate secara konsisten. Anda harus mencoba untuk membuat postingan-postingan baru sesering mungkin. Jika anda tidak sempat memposting tulisan baru dalam satu atau dua hari, mungkin ini tidak terlalu jadi permasalahan. Akan tetapi, jika anda tidak pernah memposting tulisan dalam sepekan atau lebih, maka blog anda sudah bisa dikatakan mati. Anda harus mencari waktu, walaupun hanya lima menit dalam sehari untuk membuat postingan yang menarik. Jika anda menulis postingan yang pendek dan ringkas tentu hal ini tidak akan menyulitkan. Blog anda akan mudah diupdate jika anda memberikan prioritas untuk itu.
2. Terlalu banyak iklan
Banyak blogger sekarang ini yang benar-benar ingin mencari keuntungan dari blog mereka. Akan tetapi, ini adalah sebuah trend yang bisa diluar kendali. Jika anda tertarik untuk memasang iklan di blog anda, maka lakukanlah dengan hati-hati. Memang tidak ada salahnya jika kita memasang beberapa iklan relevan yang menawarkan link-link yang relevan dengan konten blog anda kepada pengunjung. Akan tetapi, memasang terlalu banyak iklan di blog adalah sebuah kesalahan. Jika anda memasang tumpukan iklan yang mencolok di blog anda maka konten blog akan hilang ditelan tampilan iklan-iklan tersebut. Dengan demikian, anda harus selalu membatasi iklan sampai tiga unit atau kurang per halaman. Pastikan bahwa anda menempatkan iklan-iklan tersebut di tempat yang tepat sehingga konten blog anda akan tetap menonjol. Jangan biarkan iklan-iklan besar mengisi halaman-halaman blog anda. Iklan-iklan yang besar hanya akan mengganggu pembaca anda. Pintar-pintarlah dalam memasukkan iklan di blog anda.
3. Tampilan yang tidak profesional
Tampilan adalah hal yang penting ketika berkaitan dengan blog anda. Semakin profesional tampilan blog anda, semakin banyak pembaca yang mengapresiasi blog anda secara serius. Jika anda tertarik meningkatkan trafik blog, anda harus mencoba menggunakan layout yang lebih serius bagi blog anda. Jika anda punya blog dengan tampilan yang semrawut dan tidak profesional blog anda kemungkinan besar tidak akan mendapatkan respons yang banyak. Cobalah menggunakan beberapa layout dan pendekatna untuk melihat yang mana yang paling baik.
4. Terlalu banyak grafis
Gambar-gambar memang bisa menambah kemeriahan blog dan menarik lebih banyak pembaca. Akan tetapi, jika berlebihan, seperti halnya iklan, gambar bisa membuat pengunjung meninggalkan blog anda. Alasan utamanya adalah karena terlalu banyak gambar bisa mendistorsi tampilan blog anda sebab banyak pengguna internet yang masih menggunakan koneks internet lambat. Ketika mereka mencoba memuat (load) halaman anda, diperlukan waktu yang sangat lama. Ini kemungkinan akan membuat mereka meninggalkan blog anda. Cobalah untuk membatasi sampai beberapa gambar saja per halaman.
5. Konten yang tidak relevan
Semua orang tahu bahwa web adalah tempat dimana anda bisa berekspresi secara bebas. Akan tetapi, jika anda ingin blog anda bertahan, anda perlu memikirkan baik-baik tentang kebebasan berekspresi tersebut. Walaupun anda selau ingin menuangkan apa yang anda rasakan, anda tetap dapat melakukannya dengan cara yang tepat di blog anda. Ada beberapa cara untuk menuangkan apapun yang ada di pikiran anda tanpa harus menggunakan bahasa yang ofensif. Jika anda ingin blog anda sukses, maka konten anda harus relevan.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: